cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2015)" : 20 Documents clear
KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN AIR DAN EKSPOSITORI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI LINGKUNGAN Mustagfiri, Rezza
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi lingkungan. (3) Perbedaan antara model pembelajaran AIR dan ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi lingkungan dan yang lebih baik diantara keduanya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 2 Brebes. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dengan XI-IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPS 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan posttest-only control design. The study aimed to determine (1) Learning Auditory Intellectually Repetition (AIR) model on student’s problem solving abilities environmental material. (2) Expository model teaching on student’s problem solving abilities environmental material. (3) The difference between AIR and expository teaching model on student’s problem solving abilities and environmental material is better between the two. The population in this study were students of class XI-IPS SMA Negeri 2 Brebes. The samples taken at random sampling with XI-IPS 1 as an experimental class and XI-IPS 2 as a control class. The study design used was quasy experimental with posttest-only control design.
PENDUDUK USIA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS (SLTA) TAHUN 2020 UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN FASILITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN DEMAK Yaqin, Afif Ainul
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk usia SLTA tahun 2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SLTP yang berada di 14 Kecamatan di Kabupaten untuk diketahui aspirasinya dalam melanjutkan ke jenjang SLTA. Variabel dalam penelitian ini adalah  jumlah SLTA dan persebaranya, jumlah penduduk usia SLTA tahun 2010, jumlah penduduk Kabupaten Demak, hasil aspirasi siswa SLTP, RPJP Kabupaten Demak tahun 2006-2025. Metode pengumpulan data dalam melaksanakan penelitian adalah metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan proyeksi penduduk usia SLTA pada tahun 2020 semua Kecamatan membutukan SLTA baru. Dari hasil proyeksi penduduk usia SLTA tahun 2020 penduduk usia SLTA mengalami peningkatan yaitu sebesar 6.100 jiwa sedangkan jumlah penduduk Kabupaten Demak pada dari tahun 2000-2020 bertambah sebanyak 130.525 jiwa. Dari hasil aspirasi siswa SLTP di 14 Kecamatan sebagian besar siswa ingin melanjutkan sekolah di Kabupaten Demak yaitu sebesar (92,35%) dan di luar Demak sebesar (7,65%). Berdasarkan hasil pada rasio,hasil proyeksi dan aspirasi perencanaan fasilitas pendidikan di Kabupaten Demak didapatkan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi penambahan gedung SLTA sebanyak 18 buah. The population in this study was high school age population in 2010. The samples in this study were junior high school students who are in the 14 sub-districts in the district to be known continue to pursue their aspirations in high school. The variable in this study is the number of high school and persebaranya, the number of high school -age population in 2010, the population of Demak, the results of junior high student aspirations , RPJP Demak years 2006-2025 . Data collection methods in conducting research is a method of documentation and method of questionnaire or questionnaires. The results showed after high school age population projections in 2020 all the District membutukan new high school. From the results of high school age population projections 2020 high school -age population has increased in the amount of 6,100 souls while the total population of the Demak in 2000-2020 increased by 130 525 inhabitants. From the results of the aspirations of junior high school students in the District 14, most students want to continue their education in Demak is equal to ( 92.35 % ) and outside of Demak ( 7.65% ). Based on the results of the ratio, outcome projections and aspirations in educational facility planning Demak found that in 2020 there will be additional high school building as many as 18 pieces .
OPTIMALISASI PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) IPS PADA SMP/MTs Setyowati, Ratna Dwi
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui optimalisasi penggunaan BSE pada pembelajaran IPS (geografi) di SMP/MTs Kecamatan Kaliwungu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di lima SMP/MTs pada Kecamatan Kaliwungu Selatan. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPS, peserta didik kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersedian buku hampir terpenuhi karena semua siswa mendapatkan pinjaman buku satu buku untuk dua siswa. Penggunaan buku tersebut kurang optimal karena siswa kurang paham dengan materi di BSE, siswa kurang aktif dalam KBM. Untuk mengatasi permasalahan ini disarankan dari peneliti adalah guru maupun sekolah hendaknya lebih mengoptimalkan BSE IPS sebagai sumber belajar yang efektif untuk siswa. This study aimed to optimize the use of BSE in social studies (geography) in SMP/MTs South Kaliwungu District. The research method used was a qualitative research method. There were research sites in five SMP/MTs in South Kaliwungu District. Research subjects are social studies teachers and students of class VII and VIII. Techniques of data collection: observation, interview and documentation. The validity of the data used was data triangulation technique. Techniques of data analysis were, data reduction, data presentation, and verification. The results showed that the availability of the book is almost fulfilled for all students to get a loan book of the books for two students. The use of the book is less optimal because students are less familiar with the material on the BSE, and students are less active in teaching and learning. To overcome this problem, researchers suggested teachers and schools should further optimize the BSE IPS as an effective learning resource for students.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT DAN LKS WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI KELAS VII SMP NEGERI 30 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014 Yusuf, Mohamad
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media powerpoint dan LKS word square pada materi keragaman bentuk muka bumi di SMP Negeri 30 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil pengamatan pembelajaran dengan media tersebut dapat diketahui aktivitas siswa dalam pembelajaran rata-rata siswa sebesar 80,4% dengan kriteria baik. Hasil penelitian dapat diketahui hasil belajar siswa pretest kelas eksperimen rata-rata nilai 68,03, sedangkan untuk posttest rata-rata nilai 74,90. Persentase tanggapan siswa terhadap penggunaan pembelajaran media powerpoint dan LKS word square secara klasikal 80,23% termasuk kriteria baik. Hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 74,90 dan kelas kontrol 72,60. Kemudian dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (Independent Sample T-Tes). Didapatkan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar -0,934. Karena signifikansi (-0,934 < 0,05) artinya terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara pembelajaran menggunakan media powerpoint dan LKS word square dengan tanpa media powerpoint dan LKS word square. The purpose of this study was to examine the effectiveness of using power point and word square LKS as the learning media in diversity of earth materials in SMP 30 Semarang. This study used experimental method tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Sampling was done with a random sampling technique. The analysis of the data used descriptive analysis  and statistical analysis. The result of the learning observations using that media can be seen that the average of students’ learning was 80.4% with good criteria. The result of this reseacrh can be seen that students’ achievement in pretest on experimental class got the average 68.03, while the post test  was 74.90. The precentage of students’ toward the use of media classically 80.23% which belong to the good criteria. The result of the calculation is known that the average cognitive achievement of experimental class and control class 72.60 74.90. Then analyzed using two different test average (Independent Sample T - Test). Obtained an average grade experimental and control class is -0.934. Because of the significance was (-0,934 < 0,05) means, so that there is a difference on the students’ achievement between learning using powerpoint ad word square LKS as the media and without using as the learning media.
KENDALA GURU IPS DALAM PENGGUNAAN MEDIA PETA DAN GLOBE PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI (Studi Kasus SMP/MTs se-Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2011) Sawiji, Listari Putri
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media pembelajaran  merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran baik pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas. Permasalahan yang akan dikaji adalah 1) Apakah yang menjadi kendala dalam proses pengajaran geografi pada SMP/MTs di kecamatan Bangsri?. 2) Apakah  kendala dalam penggunaan media peta dan globe dalam pembelajaran Geografi pada SMP/MTs di kecamatan Bangsri. Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran  Geografi. 2) mengetahui kendala dalam  penggunaan  media peta dan globe dalam pembelajaran.Data diperoleh dengan menggunakan angket. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media peta dan globe pada SMP/MTs di Kecamatan Bangsri pada kriteria kurang baik. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu jumlah media peta dan globe yang masih sedikit, keadaan media peta dan globe yang rusak. Learning Media is an invaluable tool in the learning process of learning both in the classroom and outside the classroom. Issues that will be examined are 1) what are the obstacles in the process of teaching geography in SMP / MTs in sub Bangsri? 2) whether the constraints in the use of media in teaching map and globe Geography on SMP / MTs in sub Bangsri? Purpose of this study were 1) to determine the obstacles in learning Geography 2) to constraints in the use of media in a map and globe in learning Geography. Data obtained using the  questionnaires. The conclusion of this research shows that media use maps and globes on SMP / MTs in District Bangsri the criteria is not good, because obstacles encountered. Obstacles encountered in the process of learning the number of media map and globe are still small, state media map and globe damaged.
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN FENOMENA BIOSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DONOROJO JEPARA Sugiarti, Dewi
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media audio visual merupakan media yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS yang diajar dengan memanfaatkan media audio visual dan hasil belajar siswa yang diajar tanpa memanfaatkan media audio visual serta mengetahui seberapa besar efektivitas pemanfaatan media audio visual terhadap hasil belajar geografi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Donorojo pokok bahasan persebaran flora dan fauna dengan menggunakan media audio visual menjadi lebih efektif. Pemanfaatan media dikatakan efektif karena mendapatkan tanggapan positif dari siswa. Tanggapan postif siswa terhadap media pembelajaran di kelas eksperimen  menyatakan: 8 siswa (21,05%) sangat setuju, 20 siswa (52,63%) setuju, 10 siswa (26,32%) tidak berpendapat. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif post test dikelas kontrol 73,89 dan rata-rata hasil belajar kognitif post test dikelas eksperimen 81,89. Nilai signifikasi sig (2-tailed) rata-rata nilai post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (0,000 < 0,05) hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara pembelajaran menggunakan media audio visual dan pembelajaran yang tidak menggunakan media audio visual. Audio visual is an appropriate media in learning Geography. This research aims to know  the students score in Geography subject wether students taught by audio visual media and without audio visual media, and to know how far the effectivity of the use of audio visual media in students learning Geography. The results showed that learning Geography in class XI IPS SMAN 1 Donorojo subject distribution of flora and fauna by using audio-visual media to be more effective. Effective use of the media says because getting a positive response from students. Positive response to the students in the experimental class instructional media claimed: 8 students (21,05%) strongly agreed, 20 students (52,63%) agreed, 10 students (26,32%) did not argue. The average value of cognitive achievement post test control class average of 73,89 and cognitive achievement post test experimental classroom 81,89. The value of significance sig (2-tailed) value of the average post-test control group and the experimental group (0,000 <0,05), these results indicate that there are differences between the cognitive achievement of learning using audio-visual media and learning are not using audio-visual media.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR ATMOSFER DAN HIDROSFER KELAS VII SMP 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013 Wahono, Wahono
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil dari suatu proses belajar pendidikan yang maksimal tentunya diperlukan pemikiran yang kreatif dan inovatif serta didukung dengan faktor pendanaan yang mencukupi.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe RTE dan efektivitas penggunaan dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 9 Semarang tahun ajaran  2012/2013 sebanyak 206 siswa yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIF SMP 9 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pemberian perilaku pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe RTE dan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakna uji proporsi. Result of a learning process that maximum education course required creative and innovative thinking and supported with adequate funding factors. The purpose of this study is to investigate the use of cooperative learning model RTE and effectiveness in the use of social studies learning on student learning outcomes. The population in this study were students of class VII Semarang 9 junior high school academic year 2012/2013 as many as 206 students consisting of 8 classes. Samples were students of class VII F Semarang 9 junior high school academic year 2012/2013. Variables in the study consisted of independent variables, namely the provision of learning behavior that is cooperative learning model RTE and the dependent variable is cognitive learning outcomes. Data collection method used in this research documentation, tests and observation.
PENDAYAGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS WEB PADA MATERI POKOK PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI KELAS XI PROGRAM IPS SMA MASEHI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2013/2014 Himawan, Brahmantya
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendayagunaan media pembelajaran geografi berbasis WEB pada materi pokok persebaran flora dan fauna di kelas XI program IPS SMA Masehi Kabupaten Kudus. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPS . Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa siswa kelas XI IPS. Variabel penelitian yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran, Penggunaan media web internet, dan tanggapan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan (1)Perangkat pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil persentase sebesar 82,64%, perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru  termasuk dalam kategori Baik; (2) Prosedur Penggunaan media pembelajaran geografi berbasis web memperoleh hasil persentase sebesar 71,04%, prosedur penggunaan media pembelajran termasuk dalam kategori yang Baik; (3) Tanggapan Siswa  terhadap pendayagunaan media memperoleh hasil sebesar 38,54% memberi tanggapan Sangat baik  sejumlah 15 siswa, 57,76% memberi tanggapan Baik yakni sejumlah 23 siswa, 3,70% memberi tanggapan Kurang baik  sejumlah 4 siswa, dan 0% member tanggapan Tidak baik  sejumlah 0 siswa. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah Pendayagunaan media sudah Baik. This research aims to know the utilization of WEB-based geography learning media on its subject matter the spread of flora and fauna in class XI IPS High School program Masehi Kudus. The population of the research was all students of Class XI IPS. Sampling technique using total sampling the entire student grade XI IPS. Research variables i.e. implementation plan learning, use of internet, web and media responses to the students. Method of collecting data using the documentation, observation, interviews, and a question form. Data analysis using descriptive percentage analysis. The research results indicate (1) the implementation of the learning results percentage of 82,64%, the learning tool used by teachers are included in the good category; (2) the procedure for the use of web-based geography learning media results percentage of 71,04%, learning media use procedures included in the good category; (3) the student Response to the utilization of results media 38,54% gave excellent responses a number of 15 students, 57,76% gave Good responses, a number of 23 students, 3.70% gave a number of not too good responses 4 students, and 0% member responses are not good number of 0 students.Summary of the research is the domestication of media is Good
HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PARTISIPASI PETANI DALAM SAPTA USAHA TANI DI DESA KEBONHARJO, KECECAMATAN PATEBON, KABUPATEN KENDAL TAHUN 2014 Haryanto, Andre Kukuh Pambudi
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini   bertujuan  untuk  mengetahui  mengetahui  tingkat  pendidikan, partisipasi masyarakat dalam sapta usaha tani dan hubungan antara tingkat pendidikan dengan partisipasi masyarakat dalam sapta usaha tani di Desa Kebonharjo,   Kec.   Patebon,  Kab.  Kendal.  Metode   yang   digunakan   adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian   adalah   (1)   Tingkat   pendidikan   masyarakat   petani   dengan   nilai prosentase sebesar 50% (2) Partisipasi masyarakat petani dalam sapta usaha tani dengan nilai prosentase sebesar 52,8%    (3) Hasil perhitungan dengan menggunakan statistik korelasi product moment taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil rxy sebesar 0,505 sedangkan r tabel dengan 0,312. Karena nilai r hitung > r tabel (0,519 > 0,312) maka Ha  yang berbunyi “ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan partisipasi masyarakat dalam program sapta usaha tani di desa Kebonharjo”.  Terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  tingkat  pendidikan dengan partisipasi masyarakat dalam program sapta usaha tani. This  study  aims  to  determine  determine  the  level  of  education,  community participation  in farming and  the relationship between  level  of  education  and community participation in Kebonharjo farming village, districts Patebon, district Kendal. The method used is descriptive quantitative techniques of data collection through questionnaires. The results of the study are (1) the educational attainment farming  community with  a  percentage value  of  50%  (2) participation  by the farmers in farming Sapta with the percentage of 52,8% (3) Results of statistical calculations using product moment correlation, rxy results obtained by 0.519 while the table with 0,312 r. Because r hitung > r tabel (0.505> 0.312), the Ha which reads "there is a relationship between level of education and community participation in the program Sapta Kebonharjo farm in the village". There is a significant relationship between level of education and community participation in the farming. This study aims to determine determine the level of education, community participation in farming and the relationship between level of education and community participation in Kebonharjo farming village, districts Patebon, district Kendal. The method used is descriptive quantitative techniques of data collection through questionnaires. The results of the study are (1) the educational attainment farming community with a percentage value of 50% (2) participation by the farmers in farming Sapta with the percentage of 52,8% (3) Results of statistical calculations using product moment correlation, rxy results obtained by 0.519 while the table with 0,312 r. Because r hitung > r tabel (0.505> 0.312), the Ha which reads "there is a relationship between level of education and community participation in the program Sapta Kebonharjo farm in the village". There is a significant relationship between level of education and community participation in the farming.
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN RUMAH SEHAT DAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN KUALITAS RUMAH TINGGAL PENDUDUK DI DESA ROWOLAKU KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN Kusumawati, Indah Dwi
Edu Geography Vol 3 No 3 (2015)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan rumah sehat, status sosial ekonomi, dan kualitas rumah tinggal penduduk Desa Rowolaku. Lokasi penelitian ini di Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa deskriptif persentase pengetahuan rumah sehat termasuk kriteria tinggi, deskriptif persentase status sosial ekonomi termasuk kriteria rendah, deskriptif persentase kualitas rumah tinggal termasuk kriteria kurang baik, ada hubungan antara pengetahuan rumah sehat dengan kualitas rumah tinggal, ada hubungan antara status sosial ekonomi dengan kualitas rumah tinggal, dan ada hubungan antara pengetahuan rumah sehat dan status sosial ekonomi dengan kualitas rumah tinggal. This research aims to : know the knowledge of healty house, socioeconomic status, and the quality of house citizen of Rowolaku village. The research located in Rowolaku village, sub-district Kajen, regency Pekalongan and involved 92 respondents. The kind of research is correlation research. The methods of data collection in this research is by using test, questionnaire, observation sheet and interviews. The methods of data analysis using the percentage descriptive analysis and multiple correlation analysis. Based on the research results can be concluded that the percentage descriptive analysis knowledge of healty house included high criteria, the percentage descriptive analysis socioeconomic status included low criteria, the percentage descriptive analysis quality of house included poorly, there is a correlation between knowledge of healty house with the quality of house, there is a correlation between socioeconomic status with the quality of house, and there is a correlation between the knowledge of healty house and socioeconomic status with the quality of house.

Page 1 of 2 | Total Record : 20